Teras Dunia

Manusia hidup karena kasih sayang..tidak ada daya upaya kecuali karena rahmat-Nya. Hidup adalah perjuangan, hidup adalah pelajaran. Maka ingat juga, Rasul menunggu di telaga, adinda menunggu di surga

Friday, May 19, 2006

Karena Kau Mengusikku

Simbol Punya Makna

Jika seseorang berada berjam-jam di depan cermin hanya untuk memberi status 'indah', 'cantik', atau 'ganteng', maka itu telah membuka peluang -bahkan mungkin sudah menjadi- penghambaan terhadap simbol. Dosen adalah yang yang memberi fasilitas bagi mahasiswa untuk menggali ilmu. Maka itulah simbol yang muncul dalam diri dosen. Meski keduanya berbeda, namun keduanya menunjukkan hal yang sama: simbol tidak 'mati'.

Simbol hidup dengan makna. Ia punya makna, karenanya bisa dipahami dan memberikan pemahaman.

Adakah orang yang hidup di luar nilai? Jika tidak, maka simbol telah membantu manusia mencapai nilai itu. Simbol telah membantu manusia dalam membedakan bersih-kotor, indah-jelek, baik-buruk. Perihal keberadaan nilai yang juga muncul dari proses interaksi sosial, maka tidak menjadi penghalang bagi terbuktinya peran simbol dalam menjalankan perannya.

Bagaimana menjadi mahasiswa yang sukses? Belajar tekun, aktivitas akademis dan non-akademis yang seimbang, raih IP tinggi. Itulah simbol mahasiswa sukses! Maka bagaimana mungkin saya menyematkan keyakinan dalam lubuk hati bahwa saya punya dosen yang profesional jika saya tidak punya simbol profesionalitas?

.:Budi:.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home