Teras Dunia

Manusia hidup karena kasih sayang..tidak ada daya upaya kecuali karena rahmat-Nya. Hidup adalah perjuangan, hidup adalah pelajaran. Maka ingat juga, Rasul menunggu di telaga, adinda menunggu di surga

Sunday, January 21, 2007

Kembali Fokuskan Diri

Ketika saya hendak mengeluarkan apa yang memang seharusnya keluar dari tubuh manusia, ketika ruangan yang biasanya tidak berair itu menjadi sangat menyenangkan, ketika akhirnya saya putuskan menunda melakukannya, saya menerima sebuah telepon dengan nomor Jakarta. Saya hanya menjawab "Halo" tanpa berani mengeluarkan kata salam karena memang sedang berada di toilet kampus. Selanjutnya saya terperanjat, rasa bahagia melonjak-lonjak. Ini sebabnya...


News
Opini
SUARA MAHASISWA, Mengembalikan Fokus ASEAN
Sabtu, 20/01/2007
TIDAK terasa, ASEAN (Association of South East Asian Nations) kini telah berusia 40 tahun. Organisasi regional negara-negara Asia Tenggara bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat negara anggotanya melalui kerja sama dalam bidang ekonomi,sosial,dan budaya.
Tetapi dalam beberapa kasus, ASEAN gagal menjadi media penyelesaian masalah internal kawasan. Sebut saja proses demokratisasi yang tersendat di Myanmar dan kasus Sipadan- Ligitan antara Indonesia dan Malaysia, yang mencuat beberapa tahun lalu dan berakhir dengan keputusan Mahkamah Internasional (International Court of Justice) bahwa kedua pulau di ujung timur Kalimantan itu masuk dalam wilayah Malaysia. Ada apa dengan ASEAN?
Mengapa organisasi yang kini bermitra dengan beberapa negara seperti Cina, Korea Selatan, dan Jepang ini tidak berhasil menjadi media penyelesaian masalah negara-negara anggotanya? Apakah yang perlu menjadi prioritas ASEAN? Bisa dikatakan bahwa ASEAN telah kehilangan fokusnya. Negara-negara anggota kini lebih banyak berusaha menjawab tantangantantangan yang bersifat kekinian,seperti perdagangan bebas dan terorisme, dan kurang memperhatikan tujuan mendasar pembentukan organisasi tersebut.
Keinginan untuk mewujudkan ASEAN Security Community merupakan salah satu bukti bahwa perhatian negara-negara ASEAN sudah mulai menyebar, jika tidak berubah. Meskipun masalah-masalah baru yang menjadi tantangan kini tidak bisa diabaikan, negara-negara anggota sudah seharusnya menjawab tantangan itu dengan selalu berlandaskan pada cita-cita mencapai kesejahteraan masyarakat.
Dalam KTT ASEAN di Cebu, Filipina, Sabtu lalu,Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo menekankan kembali empat hal yang harus menjadi perhatian kerja sama ASEAN, satu di antaranya masalah terorisme. Meskipun empat hal ini perlu mendapat sorotan,keempat hal ini akan menjadikan ASEAN kembali kehilangan fokus yang berdampak pada lemahnya efektivitas kesepakatan yang dihasilkan. ASEAN seharusnya menjadikan peningkatan intensitas interaksi antarmasyarakat negaranegara anggota sebagai fokus kerja sama.
Kerja sama ini penting,sebab dengan begitu,integrasi yang terjadi akan semakin tinggi pula. Mereka akan semakin mudah bertukar informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Kegiatan perdagangan pun akan semakin mudah dilakukan sehingga mendorong kegiatan ekonomi di kawasan itu sendiri.
Bentuk nyata kerja sama ini, misalnya pemasaran alat transportasi dan komunikasi dengan harga terjangkau, penambahan jalur transportasi antarnegara ASEAN, dan kemudahan administratif dalam hal keimigrasian. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat Asia Tenggara dapat terwujud dari dalam tanpa bergantung pada negara-negara besar. (*)

BUDI KURNIAWAN SUPANGAT Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Padjajaran, Bandung

Semoga bisa memacu semangat kita semua. Aamiin...

Buruan cari toilet!!!
.:Budi:.

1 Comments:

At 3:07 AM, Blogger bintangkemenangan said...

Cie... yang lagi seneng... mau donk di traktir.. kan baru dapet honor pertama sebagai "penulis".

Hue-he..he...

Selamat ya Bud... InsyaAllah aku segera menyusul. He2...

Um... btw dapet berapa Bud? Rezeki itu di bagi-bagi ya.. Karena, ketika anda memberi... anda akan mendapatkan lebih :)

Btw... kenapa proses penerimaan beritanya mesti di jelaskan ya? Bikin ilfil aja.. he2...

But.. may be itu seninya kali ya..

Ya deh, di TUNGGU!!! ^_^

 

Post a Comment

<< Home