Teras Dunia

Manusia hidup karena kasih sayang..tidak ada daya upaya kecuali karena rahmat-Nya. Hidup adalah perjuangan, hidup adalah pelajaran. Maka ingat juga, Rasul menunggu di telaga, adinda menunggu di surga

Friday, February 16, 2007

Di Tengah Badai

Bayangkan, saya pikir kita tidak lagi jauh berbeda dengan pola studi di luar negeri. Ini minggu pertama saya mulai semester enam di jurusan tercinta, Hubungan Internasional. Semua kelas yang saya ambil diisi dengan kontrak belajar: semacam kesepakatan (yang sebenarnya tidak seimbang) antara dosen dan mahasiswa tentang bagaimana kita menjalani perkuliahan selama satu semester ini. Selain aturan-aturan dan besaran presentase nilai yang akan diberikan, dosen juga memberikan tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh peserta mata kuliah yang bersangkutan. Ini yang menjadi masalah. Baru satu minggu saja saya sudah merasa kuliah di Flinders University atau bahkan University of Wales, Aberystwith.

Sebagai gambaran saja, untuk mata kuliah Globalisasi, tiap minggu kita (peserta mata kuliah) harus membuat review dari artikel yang diberikan secara berurutan. Jumlahnya sih tidak banyak, minimal lima halaman dengan margin standar (A4, TNR, spasi 1,5). Yang rasanya bikin kerjaan ga bisa langsung selesai adalah artikelnya yang banyak. Artikel banyak berarti yang dibaca harus banyak dan itu berarti akan memakan waktu yang tidak sedikit. Belum lagi mata kuliah Analisis Politik Luar Negeri 2 yang harus buat tugas mingguan sebanyak 1500 kata. Juga kuliah Keamanan Global 1. Mata kuliah Pemikiran Politik Indonesia, dengan Pak Wawan, juga mengharuskan tugas mingguan, meski dikerjakan secara berkelompok (guys, sometimes problem comes from this kind of assignment..). Belum mata kuliah lain. Yang lebih menarik, hampir semua menghendaki tugas akhir yang ga main-main.

So....let me think! I'am going to study abroad.. It means that I have to be familiar with this kind of things. Even actually this is a very good "training centre" for me to exercise myself.

catatan moral: kadang ketika semangat berlebihan, pengharapan pun turut berlebihan..sehinggat ketika tidak sesuai dengan harapan...U can guess it!

Maret coba ke Australia, April coba ke Kanada, Oktober ke Jepang..komplit dah...btw, masalahnya, bakal ada yang nyangkut ga???^_^

Buat Anggi..u are even braver than me..

.:Budi:.

1 Comments:

At 9:08 PM, Blogger ilyas said...

salam kenal..

balas koment,Click di sini!!

 

Post a Comment

<< Home